Mahasiswa Unanda Praktik Lapang di Danau Matano dan Towuti

BATUPASI –– Mahasiswa Fakultas Perikanan Universitas Andi Djemma (Unanda) Palopo mengadakan Praktik Lapang Manajemen Akuakultur Danau di Danau Matano dan Danau Towuti, Kab. Luwu Timur. Kegiatan yang diikuti 28 mahasiswa ini berlangsung selama tiga hari, 20-22 Juni 2019.

Menurut Ketua Program Studi (Prodi) Budidaya Perairan Fakultas Perikanan Unanda, Patahiruddin SPi MSc kepada Palopo Pos, Sabtu 22 Juni 2019, praktik lapang ini diisi dengan kegiatan praktik pengukuran paramater fisika, kimi, dan biologi di Danau Towuti Kec. Towuti dan Danau Matano, Sorowako Kec. Nuha. Selain itu, mahasiswa juga melakukan identifikasi jenis plankton yang ada pada dua danau tersebut.

Maksud dan tujuan praktik lapang ini yakni untuk mengamati kondisi danau yang ada di Lutim sebagai bagian kekakayaan alam yang tidak ternilai. Sebab Danau Towuti dan Danau Matano merupakan danau yang banyak dihuni oleh organisme air endemik. Tujuan kedua yakni, memperkenalkan kepada mahasiswa tentang cara pengukuran parameter fisika, kimia, dan biologi danau.

Melalui praktik lapang, diharapkan parameter yang sudah diukur, mendukung kegiatan budidaya perikanan dan memberikan wawasan kepada mahasiswa dalam hal mengambil kesimpulan kemungkinan pengelolaan danau yang ramah lingkungan dan mendukung kegiatan budidaya perikanan berkelanjutan di danau.(ikh) (Sumber Palopo Pos)