PEDULI LINGKUNGAN, UNANDA LAKUKAN PENYULUHAN & PENANAMAN MANGROVE

Fakultas Perikanan Universitas Andi Djemma bekerjasama dengan dinas kelautan dan perikanan melaksanakan penanaman mangrove di pesisir pantai karang-karangan, Minggu (10/11/2019).

Koordinator kegiatan Dr. Irman Halid, mengatakan bahwa kolaborasi dari para pemangku kepentingan merupakan hal mutlak yang harus dibangun saat ini khususnya dalam pelestarian lingkungan pesisir dan laut,

” keterlibatan para pihak yang terlihat dan terbangun pada kegiatan penyuluhan dan penanaman mangrove di Desa Karang-karangan merupakan modal dasar yang harus terus dipelihara dalam upaya membangun sebuah sistem keberlanjutan suatu kawasan, ” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel, menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah menstimulus para stakeholders untuk senantiasa menjaga kelestarian mangrove karena fungsinya yang begitu kaya dan berharga dalam menjaga abrasi pantai,

” sebagai fungsi ekosistem dan berasosiasinya berbagai biota di dalamnya. Bukan hanya menanam mangrove hari ini, tetapi bagaimana memeliharanya pasca penanaman jauh lebih penting, ” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, juga dilaksanakan penyuluhan tentang mangrove dan dilanjutkan dengan penandatanganan kerjasama antara Fakultas Perikanan Unanda dengan Kepala Desa Karang-karangan.

Inti dari nota kesepahaman tersebut adalah menjadikan Desa Karang-karangan sebagai Desa Binaan Fakultas Perikanan Unanda, dimana didalamnya dituangkan tujuan untuk meningkatkan mutu sumberdaya manusia melalui peningkatan pemberdayaan masyarakat dan mutu pendidikan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang perikanan dan kelautan.

Selain itu kerjasama ini juga mencakup kegiatan pengabdian masyarakat dan penelitian di bidang perikanan dan kelautan Fakultas Perikanan Universitas Andi Djemma Palopo ujar Harfika Sari baso, S.Pi., M.Si selaku Wakil Dekan Fakultas Perikanan Unanda.