Tingkatkan Kreativitas Mahasiswa, Bidang Kemahasiswaan UNANDA gelar Workshop PKM

Unanda. Humas. Palopo, Bidang Kemahasiswaan Universitas Andi Djemma menggelar Workshop PKM selama satu hari. Kegiatan yang laksanakan pada tanggal 10 Desember 2019 bertempat di Aula Prof. As. Achmad Kampus A Universitas Andi Djemma dihadiri 150 mahasiswa dari berbagai bidang ilmu yg ada di Unanda

Program Kreativitas Mahasiwa atau PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri mahasiswa menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.

Workshop PKM Bidang Kemahasiswaan Universitas Andi Djemma dengan menyusun tema “Melalu Workshop PKM, Menjadikan mahasiswa Unanda yang Kreatif, Inovatif dan berdaya saing menuju PIMNAS 2020”. Menghadirkan tiga narasumber yang kompetible dibidang tulis ilmiah. Dr. Sukriming, M.P (Ketua LP2M UNANDA), Dr. Irman Halid, M.Si (Reviewer PKM Kementerian Pendidikan) dan Ir. Dewi Marwati Nuryanti, M.Si (Reviewer PKM Kementerian Pendidikan). Ketiga narasumber memberikan  materi pada peserta Workshop tentang memotivasi memulai menulis dan juga teknik penulisan PKM agar gagasan dan karya mahasiswa agar dapat  lolos dalam Pekan Ilmiah Nasional dan Lomba-lomba karya Ilmiah Lainnya. Selain itu para pembicara juga materi yang mencakup klaster dalam PKM yaitu PKM Bidang Penelitian (PKM-P),

PKM Bidang Kewirausahaan (PKM-K), PKM Bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M), PKM Bidang Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM Bidang Karsa Cipta (PKM-KC), PKM GagasanTertulis (PKM-GT), PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK).

Kesuksesan kegiatan dilihat dari antusias para peserta yang sangat tinggi. Banyak gagasan dan ide yang mereka kemukakan dalam worksop tersebut. Kesuksesan dari kegiatan ini tentu tak terlepas dari dukungan Bapak Rektor Universitas Andi Djemma. Kegiatan ini menjadi langkah awal untuk membangun budaya menulis ilmiah dikalangan mahasiswa Universitas Andi Djemma.

Tindaklanjut dari Workshop tersebut, Bidang Kemahasiswan Universitas Andi Djemma membentuk tim pendamping kepada mahasiswa yang ingin mengembangan ide dan kreatifitasnya. Tim Pendamping melibatkan para dosen dalam lingkup Universitas Andi Djemma yang mempunyai kemampuan keilmuan dibidang penulisan ilmiah.