Fakultas Pertanian PKL (Praktek Kerja Lapang) Visit Denpasar Bali

Unanda (Humas). Dekan Fakultas Pertanian Universitas Andi Djemma  Muh.Yusuf Idris, S.P.,M.P memberikan pengarahan sekaligus pelepasan mahasiswa Praktek Kerja Lapangan  visit Denpasar Bali Jumat (14/02/2020) di Aula Prof A.S Ahmad dan kemarin 28/02/2020 rombongan Fakultas Pertanian berangkat menuju Denpasar Bali.

Muh.Yusuf Idris dalam arahannya menyampaikan bahwa memasuki dunia kerja yang sangat kompetitif sekarang ini, mahasiswa dituntut tidak hanya mempunyai kecerdasan intelektual yang didapat dari kampus semata, akan tetapi mahasiswa juga harus mempunyai kemampuan dasar. Tiga pokok kemampuan dasar yang harus dimiliki mahasiswa untuk dapat bersaing dengan yang lain adalah Knowledge yaitu pengetahuan yang luas agar dalam kehidupan sehari-hari tidak mudah dibodohi dan dibelokkan sehingga akan menimbulkan kerugian baik materiil maupun spiritual dalam diri sendiri. Skill yaitu keterampilan atau keahlian khusus sehingga mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan yang lain. Attitude yaitu sikap atau kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain sehigga dapat diteladani sekaligus disegani. 

Dari ketiga hal tersebut, tidak semuanya dapat diperoleh dari bangku perkuliahan, maka Praktek Kerja Lapangan (PKL) diharapkan dapat menjadi salah satu sarana untuk memperoleh tambahan knowledge, Skill dan Attitude yang lebih komprehensif, sehingga terbentuk sumber daya manusia yang berkualitas, terampil, profesional, dan berwawasan luas.

Visit Denpasar Bali ini di harapkan mampu memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmunya baik teori maupun praktek yang telah diperoleh saat kuliah dalam praktek nyata di lapangan. Di samping itu PKL merupakan salah satu kegiatan akademik yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa Program Studi Agroteknologi dan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Andi Djemma. Kegiatan ini di ikuti oleh 87 orang mahasiswa dan 21 orang dosen pendamping. Rencananya selama 7 hari mahasiswa PKL akan mendatangi beberapa tempat antara lain Taman Budidaya Tanaman Strawberry, Dinas Perindustrian Gianyar, Universitas Udayana dan tempat wisata lainnya.