Webinar : Mengembalikan Kejayaan Kakao Di Luwu Raya

Humas (Unanda). Rabu, 01 Juli 2020, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) dan Fakultas Pertanian Universitas Andi Djemma Menggelar Webinar dengan Tema “ Mengembalikan Kejayaan Kakao Di Luwu Raya”. Dr. Ir. Suryanto, M.P yang merupakan Host pada Webinar kali ini memperkenalkan beberapa narasumber. Hadir sebagai Narasumber yakni  Dr. Idawati, S.P.,M.Si (Ketua LPM Unanda), Dr. Ir. Andi Ardi Tjatjo, M.P (Kepala Dinas TPH-BUN Sulawesi Selatan), Prof. Dr. Ir. Laode Asrul,M.P (Dekan Sekolah Pasca Sarjana Universitas Hasanuddin) dan yang menjadi keynote speaker yakni Ibu Hj. Indah Putri Indriani, S.IP.,M.Si ( Bupati Luwu Utara).

Menjadi Narasumber pertama, Dr. Idawati mengucapkan terima kasih kepada Civitas Akademika Universitas Andi Djemma yang mendukung kegiatan ini sampai terlaksana dengan baik. Sebagai narasumber pertama ibu Dr. Idawati menyampaikan latar belakang mengambil tema webinar ini karena Luwu Raya khususnya Luwu Dan Luwu Utara merupakan Produsen kakao terbesar di Sulawesi Selatan. Maka beliau menganggap perlu menambah edukasi tentang tanaman kakao kepada petani yang ada di Luwu Raya.

Lanjut, Kepala Dinas TPH-BUN Sulsel pun memaparkan materinya tentang upaya perbaikan produksi dan produktivitas untuk mengembalikan kejayaan tanaman kakao. Begitupun sebagai narasumber ketiga, Prof. Dr. Ir. Laode Asrul, M.P juga menjelaskan bagaimna cara meningkatkan daya saing dan nilai tambah kakao di sulawesi selatan.

 Selanjutnya, menjadi keynote speaker, Bupati Luwu Utara, Hj. Indah Putri Indriani lebih mengerucutkan pembahasan ke Kabupaten Luwu Utara. Ibu bupati menjelaskan beberapa kendala pengelolaan tanaman kakao, mulai dari banjir yang menjadi langganan kabupaten Luwu Utara tiap tahun karena memiliki 8 sungai besar, serangan hama serta alih fungsi lahan kakao menjadi komoditi lainnya. Tetapi ibu bupati tetap optimis untuk bisa mengembalikan kejayaan Kakao yang ada di luwu Utara dengan saling bekerjasama dengan semua pihak yang berkompeten di bidangnya. “ Pak gubernur kemarin menitip 3 pesan kepada kami, yang pertama mengembalikan kejayaan kakao, kedua, mengembalikan kejayaan Udang Windu serta yang ketiga mengembalikan kejayaan Jeruk Malangke”, ungkap ibu bupati

Webinar kali ini di ikuti oleh 317 orang dari beberapa daerah. Menjadi penutup pada webinar , bahwa Universitas Andi Djemma, Khususnya Fakultas Pertanian sebagai Intitusi pendidikan tetap mengawal peningkatan kualitas pertanian di Sulawesi Selatan terkhusus di Luwu Raya.