Dosen Unanda Palopo Jelaskan Manfaat Sagu Dalam Zoominar Covid-19 Belum Usai, Pangan Lokal Apa Kabar

Humas (Unanda). Wakil Dekan Fakultas Hukum Universitas Andi Djemma Palopo, DR. Abdul Rahman Nur SH. MH, yang didaulat selaku penanggap dalam Zoominar “Covid-19 “” Belum Usai, Pangan Lokal Apa Kabar” mengulas manfaat tanaman lokal Sagu tidak hanya sebagai bahan pangan yang juga bermanfaat untuk kesehatan melainkan tanaman Sagu dapat mencegah permasalahan lingkungan.

Hal ini disampaikan oleh Dosen Unanda Palopo ini dalam acara Zoominar yang diikuti oleh sejumlah Guru Besar selaku pembicara serta akademisi dan praktisi selaku peserta seluruh Indonesia yang berlangsung, Sabtu (18/7/2020) lalu dari salah satu pemateri.

“Harus ada upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah terhadap rehabilitasi aliran sungai dengan tanaman sagu sebab sagu dapat mencegah bencana seperti tsunami dan gempa bumi dan sagu dianggap salah satu tanaman yang memiliki kemampuan memecah ombak selain sagu sebagai tanaman pangan yang juga bermanfaat bagi kesehatan,” ungkapnya.

Dia juga berharap agar pemerintah dapat mengoptimalkan peranan masyarakat adat dalam melakukan pengelolaan pangan yang sejak dulu telah memiliki manajemen pengetahuan tentang pengelolaan pangan yang berkelanjutan.

 “Pengelolaan tanaman pangan seperti sagu misalnya tidaklah mesti menjadi kebijakan di tingkat Kabupaten ataupun Provinsi melainkan mesti lebih spesifik kebijakannya berasal dari tingkat Desa sebagai ujung tombak dalam membangun Negara,” jelasnya

Sebagaimana diketahui sebelumnya kegiatan Zoominar Covid-19, ini terlaksana atas kerjasama Universitas Andi Djemma Palopo, dengan Universitas Hasanuddin Makassar dan Kementerian Pertanian RI, Pemprov Sulsel serta UIN Alauddin Samata Gowa.

Adapun pembicara dalam acara ini menampilkan Prof. DR.dr. Suryani As’ad Armin membahas manfaat sagu untuk kesehatan sedangkan Prof. DR. Ir. Dorothea Agnes Rampisela MSc membahas Peran Sulsel sebagai Lumbung pangan Nasional, Kontribusi bahan pangan lokal sagu.

Selain itu pada Zoominar ini juga menampilkan pula Prof. Dr.Ir. Yetrie Ludang MP dan Ir. Sri Endang Zukarsih MP sabagai pembicara. Sedangkan penanggap dipercayakan kepada DR. Abdul Rahman Nur SH. MH dosen Universitas Andi Djemma Palopo.

Sementara yang menjadi keynote speaker dalam acara Zoominar “Covid-19 Belum Usai, Pangan Lokal Apa Kabar” menampilkan Menteri Pertanian RI, DR, Syahrul Yasin Limpo, SH, M. Si, MH.