Wakil Dekan Fakultas Hukum Unanda Jadi Pembicara Pada Diskusi yang Di Gela USAID Terkait Tata Kelola Pemerintahan

Humas (Unanda). United States Agency for International Development (USAID), yakni lembaga pembangunan Amerika Serikat gelar kegiatan sosialisasi program madani yang dirangkaikan dengan diskusi tata kelola pemerintahan dilaksanakan di Aula Bappeda Palopo, Kamis (27/8/2020).

Bottom of Form

Dalam kegiatan ini, hadir Sekda Kota Palopo, Firmanza DP, Plt Kepala Bappeda Kota Palopo, Raodahtul Jannah, Koordinator USAID Palopo, Rahman Dako, Koordinator Lapangan Program Madani di Palopo, Abdul Malik Sale, dan Perwakilan dari Univeritas Andi Djemma yang merupakan aktivis lingkungan sekaligus Wakil Dekan Fakultas Hukum , Dr. Abdul Rahman Nur, SH.,M.H serta Ormas-ormas Kota Palopo dan tamu undangan lainnya ikut hadir.

Koordinator Lapangan Program Madani USAID Rahman Dako yang ditemui di sela kegiatan sosialisasi ini menjelaskan bahwa program Madani yang disosialisasikan oleh USAID ini adalah program dalam upaya untuk meningkatkan kapasitas organisasi masyarakat lokal untuk bisa lebih mandiri dan bekerjasama dengan Pemda. Kegiatannya akan difokuskan di kota melalui LSM, Organisasi kepemudaan ataupun keagamaan.

“Kegiatan pada hari ini adalah kami ingin mensosialisasikan program kami yakni Madani. Menanggapi minat dari Pemkot Palopo,untuk membangun kerjasama dengan Amerika Serikat di bawah bantuan lembaga kami yakni USAID,” ujar Dr. Maman

Lebih lanjut ditambahkan Dr.Maman sapaan akrabnya, karena fokus utamanya adalah masyarakat sipil, pihaknya telah memilih Yayasan Bumi Sawerigading (YBS) sebagai lembaga tertua di Palopo. YBS ini nantinya akan membantu USAID untuk mengajak LSM lain atau organisasi masyarakat lainnya untuk bekerjasama dengan USAID.

Sementara itu pihak USAID juga telah berkordinasi dengan pemerintah daerah melalui Bappeda Kota Palopo. Dan telah memilih masalah sampah sebagai isu yang akan kerjakan secara bersama-sama dengan mengajakan Ormas-ormas yang ada di kota Palopo.

Bottom of Form