LP2M Unanda Gelar Workshop Pengelolaan Dan Akreditasi Jurnal

Humas (Unanda). Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Andi Djemma adalah organ yang bertanggung jawab atas pengelolaan dan peningkatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh sivitas akademika Unanda. Salah satu indikator penunjang kinerja riset yang terus ditingkatkan yaitu keberadaan jurnal ilmiah dan proses akreditasi jurnal ilmiah. Saat ini tercatat ada 9 jurnal ilmiah yang terbit di Unanda dan 3 di antaranya telah terakreditasi oleh DIKTI.  LP2M terus berupaya agar seluruh jurnal yang ada di Unanda mampu meraih akareditasi dari DIKTI pada tahun 2020-2021

Sebagai upaya peningkatan kualitas pengelolaan jurnal di lingkungan Unanda, LP2M mengadakan workshop bertajuk “Manajemen Pengelolaan dan Akreditasi Jurnal” untuk menyiapkan jurnal-jurnal Unanda dalam menghadapi akreditasi nasional.pada hari ini Rabu (16/12/2020) bertempat di Ruang Rapat Gedung Rektorat. Acara ini di buka langsung oleh Rektor Unanda Dr. Marsus Suti, M.Kes.

Tujuan utama kegiatan workshop ini adalah untuk meningkatkan kualitas pengelolaan jurnal-jurnal di lingkungan Unanda. Adapun tujuan khusus pelaksanaan workshop ini adalah:

1.Memberikan pemahaman terkait manajemen pengelolaan jurnal sesuai standar akreditasi nasional.

2.Memberikan tips, trik dan strategi untuk pengindeksan di database baik nasional maupun internasional.

3.Memberikan tutorial internsif mengeni cara penggunaan Open Journal System (OJS) sebagai platform manajemen e-journal.

Metode yang dilakukan pada kegiatan workshop ini diantaranya:

1.Ceramah: Metode ini digunakan untuk memberikan pemahaman yang lengkap kepada para peserta tentang suatu topik. Dalam ceramah diuraikan kerangka materi secara lengkap, jelas, mudah dipahami, dan aplikatif. Metode ceramah dalam workshop ini diusahakan untuk menghindari pembahasan teoritis yang berlarut-larut dan lebih menekankan pada contoh-contoh kasus beserta pemecahannya. Waktu penyajian materi 45 menit, dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab.

2.Diskusi: Diskusi dilakukan untuk membahas terkait berbagai hambatan dan strategi manajemen pengelolaan jurnal sesuai standar akreditasi nasional dan internasionalisasi jurnal yang meliputi: pengindeksan, abstracting dan citation di database internasional. Diskusi dipilih untuk lebih memberikan kesempatan kepada para peserta: membahas, mempertanyakan, menggarisbawahi, memberikan masukan, dan memperdalam materi yang diceramahkan.

3.Training & Praktek: Metode ini digunakan untuk memberikan pelatihan penggunaan OJS kepada seluruh peserta yang terdiri dari dewan editor dan pengelola jurnal di lingkungan Unanda sehingga dapat menggunakan pengelolaan jurnal online tersebut secara optimal.

Menurut Ketua Panitia yang juga Ketua LP2M Dr. Sukriming Sappareng, S.P.,M.P, peserta workshop ini adalah jurnal-jurnal di lingkungan Universitas Andi Djemma yang tetap berkonsisten untuk mengembangkan jurnal di lingkungan Universitas Andi Djemma agar dikenal baik nasional bahkan internasional. Dengan jumlah peserta maksimum 20 orang yang terdiri dari pengurus inti jurnal di lingkungan Universitas Andi Djemma, dimana peserta yang hadir adalah ketua editor/dewan editor atau pengelola jurnal yang memahami pengelolaan dan mekanisme penerbitan jurnal.

Daftar jurnal di lingkungan Universitas Andi Djemma sebagai berikut:

1.Journal TABARO Agriculture Science  Akreditasi Sinta 5

2.JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting)  Akreditasi Sinta 5

3.To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat  Akreditasi Sinta 5

4.PENA TEKNIK: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik

5.Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan

6.Journal I La Galigo | Public Administration Journal

7.Jurnal Penelitian Kehutanan BONITA

8.Fisheries of Wallacea Journal

9.Jurnal To Ciung | Jurnal Ilmu Hukum