Selamat Dua Dosen Unada jadi Tim Penilai PKM 2021

DR. Irman Halid, ST.,M.Si dan Ir. Dewi Marwati yang menjadi Tim penilai PKM 2021

Humas (UNANDA). Kebijakan baru Mendikbud yang tertuang dalam Kepmendikbud No 754/P/2020 tentang 8 Indikator Kinerja Utama (IKU) yang menjadi landasan transformasi pendidikan tinggi di Indonesia. Dalam 8 IKU tersebut penilaiannya berdasar beberapa hal dan yang langsung berhubungan dengan mahasiswa adalah lulusan PT mendapatkan pekerjaan yang layak serta mahasiswa mendapatkan pengalaman di luar kampus. Hal ini sesuai dengan program kreativitas mahasiswa ini. Kreativitas merupakan penjelmaan integratif dari tiga faktor utama dalam diri manusia, yaitu: pikiran (kognitif), perasaan (afektif), dan keterampilan (psikomotorik). Dalam faktor pikiran terdapat imajinasi, persepsi dan nalar. Faktor perasaan terdiri dari emosi, estetika dan harmonisasi. Sedangkan faktor keterampilan mengandung bakat, faal tubuh dan pengalaman. Dengan demikian, agar mahasiswa dapat mencapai level kreatif, ketiga faktor termasuk diupayakan agar optimal dalam sebuah kegiatan yang diberi nama Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggung jawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.

Baru-baru ini Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi memberikan tawaran Program Kreativitas Mahasiswa Tahun 2021 kepada mahasiswa progrma sarjana (S1) untuk mrngajukan proposal yang batas pemasukan proposal berakhir kemarin, 24 Maret 2021. Salah satu tahapan pelaksanaan PKM adalah penilaian proposal oleh penilai dan alhamdulillah Dua orang dosen Universitas Andi Djemma yaitu DR. Irman Halid, ST.,M.Si dan Ir. Dewi Marwati, M.Si terpilih menjadi Tim penilai pada PKM Tahun 2021 ini. Merupakan kebanggan bagi unanda memiliki dosen yang mampu di perhitungkan ilmunya dalam program Pekan Kreativ itas Mahasiswa Tahun 2021 ini.

Terpisah, Rektor Unanda DR.Marsus Suti, M.Kes memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada dua orang dosen ini.” Kami berharap akan ada 2-3 lagi dosen kita yang bisa jadi Tim penilai pada kegiatan tersebut selanjutnya dan mampu meningkatkan pemeringkatan perguruan Tinggi di Bidang Kemahasiswaan.