Tindak Lanjut Kerja Sama_Unanda dan Pemkot Palopo Kembangkan Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Unanda_Palopo.  Ketua LPPM Rahmawati Natsir, ST., MT., Dan Dekan Fakultas Kehutanan Khadija Azis Karim S.Hut., M.Sc dari Unanda bersama pihak Pemkot Palopo mengunjungi kelurahan Battang Kecamatan Wara Barat, Kamis (14/3/2019). Kunjungan ini merupakan lanjutan dari kerja sama yang dikembangkan antara pihak Unanda dengan Pemkot Palopo yang digagas sebelumnya yang salah satu poinnya terkait penelitian dan pengabdian masyarakat.

Kelurahan Battang merupakan daerah yang berada di bagian Barat Kota Palopo yang terletak di kawasan dataran tinggi. Dikelilingi hutan yang luas dengan lingkungan yang masih alami dianggap sangat potensial untuk pengembangan jasa hutan dan budi daya lebah penghasil madu trigona sekaligus untuk tujuan peneliltian dan pengabdian masyarakat.

Hal tersebut dikemukakan Taufiqurahman dari pihak Bappeda. Menurutnya, kunjungan kali ini untuk melihat kondisi alam Battang yang potensial untuk pengembangan jasa hutan dan budi daya madu trigona serta penelitian dan pengabdian masyarakat. Dengan intervensi dalam bentuk program pemberdayaan, diharapkan pendapatan petani dapat meningkat, apa lagi jika disentuh dengan penelitian dan pendampingan dari Unanda, maka akan meningkatkan nilai tambah ekonominya lagi, tambahnya.

Salah satu titik yang dikunjungi rombongan adalah Gapoktan Tanjung Billa. Di sela-sela kunjungannya, Rahmawati Natsir, ST., MT, mengapresiasi kondisi lingkungan yang masih alami dan kreativitas masyarakat Battang sangat mendukung untuk dijadikan pusat penelitian dan pengabdian masyarakat. Menurut Ketua LPPM itu bahwa Battang merupakan salah satu daerah yang strategis untuk tujuan penelitian dan pengabdian masyarakat bagi sivitas akademika Universitas Andi Djemma, paparnya (b21).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *