Visi Misi dan Tujuan

Visi
“Menjadi Universitas Yang Unggul Dalam Pelaksanaan Tridarma Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pengembangan Kewirausahaan Global Dan Berkelanjutan”.

Visi ini menjadi acuan dalam mengelola perguruan tinggi dengan penjelasan sebagai berikut :

  1. Makna dari Unggul

Unggul yang tercantum dalam Visi Universitas Andi Djemma adalah terpandang (disegani) karena kedudukannya sebagai Universitas yang didirikan oleh Yayasan To Ciung yang merupakan inisiasi dari Ikatan Profesi Dosen Kerukunan Keluarga Luwu (IPD-KKL) bersama Pemerintah Kabupaten Luwu. Unggul didefenisikan juga sebagai Universitas yang menghasilkan sumber daya manusia yang berdaya saing.

  1. Makna dari “Berkearifan Lokal”

Universitas Andi Djemma berbasis kearifan lokal yang mengedepankan sumber daya manusia  dan sumber daya alamnya.

  • Berkearifan lokal dari sisi sumber daya manusia bermakna meneladani sifat-sifat yang tertuang dalam filosofi “mappacolli aju rakko” yaitu berarti dengan menghidupkan ide-ide cemerlang, bekerja, dan menghasilkan karya bisa memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat Mabbicara na parapi mabinru’i tepupi napaja”  yakni membicarakan sesuatu secara utuh dan bekerja sampai tuntas,
  • Berkearifan lokal dari sisi sumber daya alam tertuang dalam pepatah “Wanua mappatuo na ewai alena” yang berarti daerah yang menghidupi dirinya dan mandiri.
  • Makna dari “kewirausahaan global dan berkelanjutan”

Kewirausahaan global dan berkelanjutan bermakna semangat, sikap, perilaku dan kemampuan dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan serta menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar dan dapat diterima oleh pasar globalserta berlangsung secara berkesinambungan.

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan atau pembelajaran yang mengangkat nilai-nilai kearifan lokal.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan dari sumber daya untuk pelestarian kearifan lokal.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk menerapkan dan menyebarkan hasil penelitian berbasis kearifan lokal melalui kegaiatan kewirausahaan.

Tujuan

  1. Terlaksananya pendidikan atau pembelajaran yang mengangkat nilai-nilai kearifan lokal.
  2. Terlaksananya penelitian dan pengembangan dari sumber daya untuk pelestarian kearifan lokal.
  3. Terlaksananya pengadian kepada masyarakat melalui penerapan hasil-hasil penelitian berbasis kearifan lokal melalui kegaiatan kewirausahaan.