WR-1 Unanda meraih gelar Doktor di Universitas Hasanuddin

JAKARTA — Universitas Andi Djemma kembali melahirkan doktor dalam bidang perikanan. Adalah Wakil Rektor I Unanda Bidang Akademik, Dr. Irman Halid M,Si berhasil mempertahankan disertasinya setelah melakukan penelitian mengenai Ikan Malaja di Desa Karang-karangan, Kecamatan Bua selama 1 tahun lebih.

Ujian doktor tersebut dilakukan dihadapan 10 professor yang terdiri dari promotor, kopromotor, penguji internal dan penguji eksternal dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Jumat 10 Juni 2016 di Universitas Hasanuddin, Makassar.

Di penelitiannya, Irman yang juga Sekretaris Senat Universitas Andi Djemma, mengemukan jika pemanfaatan jenis Ikan Malaja ini telah dimulai pada jaman Kedatuan Luwu. Dan sampai sekarang, karena tidak adanya pengaturan penangkapan, dapat dikhawatirkan akan mengganggu kelestarian populasinya, yang ditandai ciri-ciri telah mulai nampak seperti semakin kecilnya ukuran ikan yang tertangkap.

Puncaknya,lanjut Irman adalah punahnya populasi Ikan Malaja, sehingga akan mengganggu keanekaragaman hayati lainnya di perairan Teluk Bone.

Sehingga perlu adanya informasi tentang biologi, dinamika populasi perikanan yang sebaiknya perlu diketahui tentang Ikan Malaja bagi para nelayan setempat, agar tidak menangkap secara sembarangan. (idr/fmc)