Wakil Dekan II FH UIT Paparkan Trik Profesi Hukum ke Mahasiswa Andi Djemma Palopo

UNANDA, GoSulsel.com — Wakil Dekan II Fakultas Hukum Universitas Indonesia Timur (FH UIT) Dr Patawari memberikan kuliah umum di depan Mahasiswa Universitas Andi Djemma Palopo yang melakukan Study Banding di UIT Makassar, Sabtu (13/8/2016).

Dalam materi perkuliahan, pakar hukum UIT ini memaparkan trik dan gambaran tentang tantangan hukum ke depan kepada puluhan peserta Study Banding. Mahasiswa Hukum diharapkan menjadi calon pengacara, jaksa, konsultan, dan hakim.

“Kita harus memperdalam KUHP dan KUHAPerdata, jadi setiap persoalan hukum pada masyarakat akan kita temukan dan analisa pada KUHP dan KUHAPerdata. Sebab muatan pembelajaran strata 1 adalah peraturan, sehingga ketika sudah menyandang status sarjana dan menjadi Hakim, Jaksa, Pengacara dan lain-lain sudah tersimpan dalam kepala dan hanya kembali mengingat tentang pasal-pasal yang dikenakan,” ungkapnya di hadapan puluhan Mahasiswa.

Lebih lanjut, Patawari menjelaskan, sebagai mahasiswa harus melatih jati diri untuk konsisten pada profesi, khususnya dunia hukum.

“Kita harus konsisten pada profesi, maka dikampuslah tempat untuk mengetahui jati diri mahasiswa, dengan belajar tekun maka diakhir semester akan menemukan profesi yang tepat,” paparnya.

Dia mengatakan kompetensi ilmu harus menjadi acuan profesi kedepan sehingga bisa konsisten. “Sebagaimana kompetensi ilmu yang diperoleh di bangku kuliah,” tutupnya.(*) 
 

Sumber : gosulsel.com