Petani Di Luwu Utara Antusias Mengikuti Seminar Pertanian

Unanda.Humas. Mahasiswa KKN Posko Desa Sumpira Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara kembali menggelar Seminar tentang Pertanian Kamis, 05 Desember 2019 dengan tema “ Kapasitas  Adaptasi Petani Kakao Dalam Menghadapi Fenomena Perubahan Iklim”. Kegiatan ini dilaksanakan di UPT SD Sumpira. Hadir dalam seminar tersebut yaitu Dinas TPHP Luwu Utara, Kades Sumpira, Kepala UPT SDN Sumpira, Para Masyarakat serta Ibu DR. Idawati, S.P., M.Si (Ketua LPM Unanda).

Antusias masyarakat mengikuti Seminar Pertanian ini dibuktikan dengan berbagai respon positif yang mereka sampaikan. “ Kami sangat merespon informasi ini dan kami sangat butuh perhatian pemerintah khususnya pada kebutuhan kelompok tani komoditi kakao karena sampai saat ini belum ada sertifikasi biji kakao di sana yang selama ini telah dirasakan oleh petani kakao pada umumnya yg di lakukan oleh Mars Sustainability di Luwu Utara, Imbuhnya”

Sementara itu, dalam materi yang di sampaikan Ketua LPM Unanda, DR. Idawati, S.P.,M.Si bahwa Fenomena perubahan iklim ini tentu sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan kakao oleh karena tanaman kakao memerlukan ketersediaan air yang sedikit tapi merata sepanjang tahun. Adanya Unsur Iklim seperti Hujan, Angin, Suhu, Kelembaban dan Tekanan menjadi faktor yang paling berpengaruh pada pertumbuhan tanaman Kakao. Hal ini menjadi alasan mengapa kapasitas petani dalam beradaptasi sangat dibutuhkan. Beradaptasi dalam bentuk Kemampuan Teknis,Manajerial dan Sosial Budaya.

Selanjutnya, Para petani mengucapkan Terima Kasih kepada mahasiswa KKN yang menjadi fasilitator pada kegiatan ini . Mereka berharap kegiatan ini mampu menjadi penyemangat bagi para petani kakao untuk terus meningkatkan kualitas tumbuh kakao sehingga dapat tersertifikasi seperti apa yang menjadi keinginan mereka (Petani) di Luwu Utara.