Jalin Kerjasama, Bawaslu Dan Unanda Tandatangani MOU (Memorandum Of Understanding)

Humas (Unanda). Bawaslu Kota Palopo gandeng Kampus Unanda Palopo dalam Pengawasan Partisipatif, ditandai dengan penandatangan MoU antara Bawaslu kota Palopo dengan Universitas Andi Djemma di Ruang Rapat Gedung rektorat Unanda, Kamis, 03/09/2020.

Penandatangan MoU (Memorandum of Understanding) dilakukan oleh Ketua Bawaslu kota Palopo Dr. Asbudi Dwi Saputra, SH.,M.Kn dengan Rektor Universitas Andi Djemma, Dr. Marsus Suti, M.Kes.

Ketua Bawaslu Kota Palopo Asbudi Dwi Saputra, SH.,M.Kn menyatakan bahwa Bawaslu sebagai lembaga yang diberikan kewenangan oleh undang-undang untuk mengawasi seluruh tahapan Pemilu tentunya sangat membutuhkan dukungan banyak pihak dalam menjalankan kewenangannya tersebut. Salah satunya adalah dengan mengajak segenap kelompok masyarakat untuk terlibat dalam partisipasi pengawasan setiap tahapannya.

“Keterlibatan masyarakat tidak sekedar datang dan memilih, tetapi juga melakukan pengawasan atas potensi adanya kecurangan yang terjadi, serta melaporkan kecurangan tersebut kepada Bawaslu sebagai lembaga yang bertugas mengawasi tahapan pemilu dan menindaklanjuti jika ada dugaan pelanggaran Pemilu. Karena Indikator keberhasilan suatu pesta Demokrasi bukan hanya kuantitas partisipasi pemilih tetapi juga kualitas dari pemilu itu sendiri” tegas Asbudi.

Mahasiswa dinilai sangat layak untuk menjadi mitra pengawas partisipatif. Sebab, idealisme mereka masih kuat. Mahasiswa sebagai salah satu corong generasi intelektual, yang memiliki wawasan dan pengetahuan tentang perkembangan demokrasi di Indonesia dan di Tana Luwu khususunya.

Asbudi berharap, ke depannya mahasiswa bisa sebagai pengawas partisipatif dalam setiap pesta demokrasi di Kota Palopo.

Rektor Unanda, Dr. Marsus Suti, M.Kes sangat mengapresiasi langkah Bawaslu Palopo dalam melakukan langkah preventif mengurangi pelanggaran pemilu melalui pengawasan partisipatif.

Bentuk kegiatan lain dalam Mou ini, yaitu muwujudkan tridharma perguruan tinggi meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian diantaranya :

  1. Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Bawaslu Palopo
  2. Pelaksanaan Praktik Kuliah Lapangan (PPL) di Sekretariat Bawaslu Kota Palopo
  3. Pelaksanaan Praktikum di Sekertariat Bawaslu Palopo
  4. Melakukan riset dan penelitian baik yang dilakukan oleh Dosen maupun mahasiswa terkait dengan kepemiluan.
  5. Publikasi dan kolaborasi pengelolaan jurnal kepemiluan
  6. Kerjasama dalam penyusunan dan pelaksanaan model pengabdian masyarakat.
  7. Pengembangan model pengajaran dan pendidikan politik serta penguatan sistem demokrasi.
  8. Kegiatan lain yang disepakati bersama oleh para pihak.