GELAR KULIAH UMUM, UNANDA KEMBALI HADIRKAN TOKOH NASIONAL

Universitas Andi Djemma menyelenggarakan kuliah umum dengan tema “Peran Universitas Andi Djemma Dalam Mendukung Poros Maritim Dunia”. Kegiatan yang menghadirkan Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio selaku Komisaris Utama PT. Pelindo sebagai narasumber berlangsung mulai pukul 09.00 -11.00 Wita di Aula Ratona Lantai 3 Kantor Walikota Palopo, Senin (19/12/2022).

Mengawali kegiatan, Rektor Universitas Andi Djemma Dr. Ir. H. Annas Boceng, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan ungkapan terima kasih atas kunjungan Komisaris Utama PT. Pelindo . Kedatangan Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio adalah pertama kalinya di Luwu Raya. Kehadirannya diharapkan dapat mewarnai peran Unanda kedepan dalam berbagai hal utamanya memperkuat kekuatan pertahanan maritim menuju Indonesia Emas 100 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2045.

“Unanda tidak hanya menjadi salah satu perguruan tinggi swasta paling banyak dimintai se-luwu raya, namun secara umum melahirkan alumni berbobot. Kami mengharapkan kedepannya terjalin kolaborasi Unanda dan PT.Pelindo sehingga bukan hanya bermanfaat bagi Kota Palopo tetapi Indonesia secara nasional sejalan dengan visi misi unanda yaitu Unanda Unggul dan Terkemuka Secara Nasional”, ujar Rektor Unanda Dr. Ir. H. Annas Boceng, M.Si.

Setelah sambutan, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber berkaitan dengan posisi strategis Indonesia dengan 5 pilar pembangunan poros maritim. Pada kesempatan tersebut, Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio menjelaskan bahwa pusat gravitasi geo-ekonomi dan geo-politik dunia sedang bergeser dari barat ke Asia Timur negara-negara asia sedang bangkit. Momentum ini, akan sangat baik dalam menunjang cita-cita Indonesia sebagai poros maritim dunia yang sejalan dengan visi indonesia sebagai poros maritim dunia.

Sehingga terdapat elemen penting atau 5 pilar pembangunan poros maritim diantaranya membangun kembali budaya maritim indonesia, menjaga dan mengelola sumber daya laut, memberi prioritas pada pengembangan infrastruktur dan konektivitas maritim, mengembangkan diplomasi maritim, membangun kemitraan dan membangun kekuatan pertahanan maritim. Negara yang mempunyai kegiatan maritim sebagai penggerak utama dan andalanĀ  di bidang ekonomi yang didukung kekuatan armada sipil dan militer, memberikan kontribusi sebesar-besarnya bagi negara indonesia.

“Saya mengajak semua elemen bangsa, khususnya mahasiswa(i) Unanda memiliki kekuatan sebagai generasi muda seperti inovasi, kreativitas dan kecepatan dalam hal perkembangan generasi. Memiliki kecerdasan yang komprehensif, yakni produktif dan inovatif. Damai dalam interaksi sosialnya dan berkarakter yang kuat, sehat menyehatkan dalam interaksi alamnya dan berperadaban unggul. Mari kita menyiapkan generasi emas 2045 menuju Indonesia emas 100 tahun kemerdekaan republik indonesia tahun 2045”, jelas Komisaris Utama PT. Pelindo Prof. Dr. Marsetio.

Kegiatan dihadiri juga oleh Dr. H. Firmanzah DP, SH., MSi selaku Sekterataris Daerah Kota Palopo mewakili Walikota Palopo dan Lutfy Andi Mutty selaku Komisaris Independen PT. Pelindo dan ditutup dengan tanya jawab dari para peserta, penyerahan buku sebagai cinderamata dan plakat oleh Unanda kepada PT. Pelindo. Kegiatan berlangsung lancar hingga pukul 11.00 wita dan foto bersama.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *