Menyelaraskan dengan Kemajuan IPTEK, FT Unanda Menggelar Lokakarya Kurikulum untuk Prodi Teknik Sipil, Informatika, dan Pertambangan

Fakultas Teknik Universitas Andi Djemma (FT Unanda) dengan penuh semangat menggelar Lokakarya Kurikulum yang bertujuan untuk memastikan bahwa program studi di bidang Teknik Sipil, Informatika, dan Pertambangan selalu berada di garis depan dalam mengikuti perkembangan pesat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).

Acara yang dihadiri oleh sejumlah pemangku kepentingan, termasuk Rektor Universitas Andi Djemma, Dekan FT Unanda, Para Dosen Lingkup Fakultas Teknik. para Kepala Laboratorium, para staf serta, feeder dan  sejumlah pemateri berpengalaman, menggambarkan tekad FT Unanda dalam memastikan kurikulum mereka tetap relevan dan sesuai dengan tuntutan industri yang terus berubah.

Lokakarya Kurikulum ini dijadwalkan berlangsung selama dua hari, yakni dari tanggal 24 hingga 25 Agustus, di Hotel Agro Kota Palopo.

Indrajaya, S.T., M.Si., Ketua Panitia Lokakarya, mengungkapkan, “Lokakarya ini adalah wadah kolaborasi yang unik antara akademisi dan praktisi. Kami mengundang para pemateri yang akan berbagi pengetahuan mereka tentang bagaimana IPTEK dapat mengubah wajah program studi kami.”

Plt Dekan FT Unanda, Hasbi, ST., MSP., IPM, dalam sambutannya, menegaskan pentingnya kurikulum yang responsif terhadap perkembangan IPTEK. “Kami harus memastikan bahwa kurikulum kami tidak hanya memenuhi kebutuhan mahasiswa, tetapi juga mempersiapkan mereka untuk berkontribusi secara signifikan dalam industri di masa depan.”

Saat membuka acara Lokakarya, Rektor Universitas Andi Djemma, Dr. Ir. Annas Boceng, MSi., menekankan bahwa setiap aktivitas dan kegiatan akademik adalah bagian dari proses akreditasi. 

Dalam upayanya untuk menghadirkan acuan pembelajaran yang akan memberikan kualifikasi lulusan yang kompetitif dari Fakultas Teknik Universitas Andi Djemma (FT Unanda), penyelenggara lokakarya kurikulum tersebut telah mengundang sejumlah narasumber yang kompeten dan berpengalaman, baik dari kalangan akademisi maupun praktisi.

Dalam upaya FT Unanda untuk memberikan pedoman pembelajaran yang akan menghasilkan lulusan yang mampu bersaing, penyelenggara Lokakarya Kurikulum ini menghadirkan sejumlah narasumber yang terampil dan berpengalaman, baik dari kalangan akademisi maupun praktisi.

Di antara narasumber akademisi yang hadir adalah Dr. Ir. Sukriming Sapareng, SP., MP., IPM., Wakil Rektor I Unanda, Dr. Ir. Irman Halid, ST., MSi., IPM., Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Unanda, dan Dr. Ir. Lukmandono, ST., MT., Dekan Fakultas Teknologi Industri ITATS.

Dari kalangan praktisi, hadir Dr. Ir. Hashari Kamaruddin, ST., MT., MSc., Dipl.Eng., IPM., yang menjabat sebagai Kepala Divisi Strategic Reserves Development PT. Mineral Industri Indonesia (persero), serta Ramlan, S.Kom., M. Kom., yang merupakan Kasi Pengembangan Sistem Informatika Kota Palopo.

Keempat narasumber ini dianggap sangat kompeten dalam bidang masing-masing, dan pemikiran serta masukan mereka dinilai sangat berharga dalam perumusan kurikulum untuk tiga program studi di FT Unanda.

Hasbi menambahkan, “Dari praktisi, tentu kami sangat membutuhkan wawasan mereka agar dapat lebih mendekati realitas perkembangan kebutuhan IPTEK dalam implementasinya di dunia usaha dan industri. Hal ini akan membantu kami menciptakan lulusan yang memiliki kualifikasi akademis yang kuat dan siap untuk beradaptasi dengan dinamika perkembangan industri secara kompetitif.”

Lokakarya ini adalah bukti nyata dari upaya FT Unanda dalam menjaga agar program studi di bidang Teknik Sipil, Informatika, dan Pertambangan selalu relevan dan mengikuti perkembangan IPTEK yang terus berubah. Diharapkan hasil dari lokakarya ini akan menciptakan lulusan yang siap menghadapi tantangan dalam dunia kerja yang dinamis dan kompetitif.

Dengan semangat kolaborasi dan inovasi, FT Unanda melangkah maju menuju masa depan yang cerah dan berdampak positif dalam perkembangan IPTEK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *